Kemarin (1/12) di balai desa Eromoko, pemerintah desa eromoko mengadakan pembinaan LPMD guna peningkatan keikutsertaan dalam pembangunan desa dari segi fisik maupun nonfisik. Pada pertemuan ini ada dua pembicara yaitu bp. Toelos Among Diprodjo selaku pendamping desa dan bp. Nurrochmadi. S.I.P selaku kasi tata pemerintahan kec. Eromoko.

Bp. Toelos Among Diprodjo menjelaskan fungsi dan peran LPMD di desa. Dalam hal ini lebih mengarah ke dasar hukum keberadaan LKMD, Sesuai pasal 150 PP Nomor 43 Tahun 2014 tentang lembaga kemasyarakatan desa, memiliki Tugas dan Fungsi antara lain : Melakukan pemberdayaan masyarakat Desa. Ikut serta dalam perencanaan dan pelaksanaan pembangunan. Menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat.

Kepala Desa dalam KEPRES nomor 49 tahun 2001 tentang Penataan LKMD, Peraturan Pemerintah nomor 72 tahun 2005 tentang Penataan Lembaga Desa, Peraturan Pemerintah nomor 73 tahun 2005 tentang Penataan Lembaga Kelurahan, dan. Permendagri nomor 5 tahun 2007 tentang Penataan Lembaga Kemasyarakatan.

Berbeda dengan bp. Nurrochmadi menjelaskan partisipasi swadaya LPMD di dalam pembangunan dan kemajuan desa karena Karena LMPD adalah wadah partisipasi masyarakat, sebagai mitra Pemerintah Desa, ikut serta dalam perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan pembangunan, serta meningkatkan pelayanan masyarakat Desa.

Pembinaan oleh bp. Nurrochmadi. (Doc : jpp)

 

 

 

 

 

 

 

Dengan mengadakan pembinaan rutin ini LPMD bisa mengajak masyarakat meningkatkan swadaya dalam hal ini imbal balik juga kepada pemerintah desa sehingga pemerintah desa dan masyarakat saling bersinergy.

peserta pembinaan. (Doc : jpp)

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Komentar