Cegah DBD, TP-PKK Desa Eromoko Menyasar Siswa SD Menjadi “Jumantik Cilik”

Eromoko, eromoko.sideka.id – Sabtu, (5/4) Tim Penggerak PKK Desa Eromoko bersama dengan Tim Penggerak PKK Kecamatan Eromoko dan Bidan Desa menyambangi Sekolah Dasar yang terletak di Desa Eromoko. Dalam kunjungannya ke sekolah dasar TP-PKK Desa melaksanakan sosialisasi dan pengukuhan Jumanti Cilik. Kegiatan tersebut dipimpin oleh Ketua TP-PKK Desa Eromoko, Withoyah serta didampingi dari TP-PKK Kecamatan yang dalam hal ini diwakili oleh Ibu AR. Sulami dan Ibu Yuni Astuti.

Tim Sosialisasi Jumantik Cilik. (photo by ESP)

Dalam sosialisasi tersebut Tim Penggerak PKK Desa Eromoko melaksanakan di 3 Sekolah Dasar yang ada di Desa Eromoko, yaitu SDN 1 Eromoko, SDN 2 Eromoko dan SDN 4 Eromoko. Dalam kesempatan tersebut dipaparkan bahaya Demam Berdarah Dengue (DBD) dan juga pengukuhan Juru Pemantau Jentik Cilik atau yang disingkat dengan istilah JUMANTIK CILIK. Dalam kegiatan ini Ketua TP-PKK Desa Eromoko, Ibu Withoyah berharap dengan menyasar siswa sekolah dasar diharapkan agar siswa tersebut menjadi ujung tombak kebersihan lingkungan minimal di lingkungan rumah masing-masing. Senada dengan Ketua TP-PKK Desa Eromoko, perwakilan dari TP-PKK Kecamatan Eromoko juga menyampaikan bahwa dengan dibekali ilmu tentang kesehatan khususnya tentang DBD diharapkan para siswa dapat menjadi ujung tombak di lingkungannya.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Untuk mengurangi kebosanan para siswa dalam menyimak pemaparan dari Tim Sosialisasi, Tim dari desa menyisipkan kuis bagi para siswa agar para siswa menyimak materi yang disosialisaikan oleh tim dan juga bagi siswa yang dapat menjawab pertanyaan dengan benar akan mendapatkan doorprize dari tim sosialisasi.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Kepala Sekolah SDN 1 Eromoko, Bapak Suripto, S.Pd menyambut baik kunjungan tim PKK Desa Eromoko ini, “Ini adalah kegiatan positif dan semoga dapat ditindaklanjuti, dan saya berharap dengan adanya kegiatan ini para siswa dapat mengimplementasikan di rumah masing-masing” kata beliau. Dalam kegiatan tersebut para siswa juga diajak melihat ciri-ciri jentik yang ada di kamar mandi sekolahan masing-masing agar nantinya para siswa tersebut dapat memastikan bahwa dilingkungan rumah meraka tidak ada jentik nyamuk yang dapat menyebabkan penyakit DBD. Selain itu, dengan kegiatan ini diharapkan  PSN atau Pemberantasan Sarang Nyamuk dan juga 3M dapat digiatkan dilingkungan rumah.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Para Kepala Sekolah masing-masing menyambut baik kegiatan ini. Dia mengatakan kegiatan pengukuhan kader jumantik cilik yang dilaksanakan ini diharapkan dapat membantu menurunkan jumlah jentik, yang pada akhirnya dapat menurunkan jumlah kasus DBD. “Harapan saya pembinaan yang diberikan oleh Tim Penggerak PKK Desa Eromoko dan UPTD Puskesmas Eromoko, akan tercipta generasi yang sehat jasmani dan rohani,” harapnya. (ESP)

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Komentar