Sosialisasi Pengawas Pemilu Partisipatif bersama pemuda Eromoko

Eromoko – Kemarin, Selasa (12/03) bertempat di Rumah makan Asri (selatan bank BRI Eromoko) Kecamatan Eromoko nampak banyak warga pemuda masyarakat Kecamatan Eromoko dari Pemuda Karang Taruna, Pemuda Muhammadiyah, Pemuda MTA menghadiri undangan dari Panitia Pengawas Pemilu.

Dalam sosialisasi tersebut ada sambutan dari Bapak Camat Eromoko Danang Erawanto S.Sos memberikan pengarahan bahwa “pada saat pemilu marilah kita ciptakan pemilu yang Luber Jurdil“. Tentu sudah sering kita dengar Luber Jurdil, yaitu Langsung Umum BEbas Rahasia JUjur dan aDIL.

Luber Jurdil yaitu Langsung : yang bersangkutan langsung memilih, tidak boleh diwakilkan. Umum : Semua warga negara yang memenuhi syarat memilih ikut memilih. Bebas : Bebas memilih partai apa saja. Rahasia : artinya kerahasiaan pemilih tentang apa yang di pilih dijamin tidak bocor, kecuali yang bersangkutan memang sengaja membocorkan. Jujur : artinya panitia harus jujur tidak boleh ada data yang dimanipulasi, baik DPT ataupun hasil perhitungan suara untuk kepentingan partai atau calon tertentu. Adil : artinya, dari KPU Pusat sampai tingkat pelaksana lapangan harus adil tidak berpihak pada calon atau partai tertentu.

Peserta Sosialisasi. (Dok : JPP)

Disampaikan pula tata cara membuat laporan apabila menemukan sebuah kejanggalan pada saat pemilu berlangsung oleh ketua bawaslu bapak Wardoyo. Ada 2 cara pelaporan, pertama secara langsung yaitu masyarakat hadir di kantor sekertariat bawaslu dengan menyertakan bukti pelanggaran. Kedua secara tidak langsung yaitu masyarakat membuat laporan pelanggaran dengan via telepon, sms, whatsapp. Karena masyarakat berhak sepenuhnya ikut partisipasi mengawasi jalannya pemilu.

FORKOMPINCAM memberikan sosialisasi pemilu

Pada sesi tanya jawab ada pula yang mengajukan pertanyaan salah satunya adalah, “apakah pemasangan properti parpol yang berada di area pekarangan warga termasuk pelanggaran?”. Tidak termasuk pelanggaran apabila sudah diijinkan yang punya tanah, tetapi termasuk pelanggaran apabila belum diijinkan yang punya tanah, jawab dari Bapak Yahya Hartono selaku pembicara pada sosialisasi acara tersebut.

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Komentar