Launching #GISA, berharap data kependudukan akan valid

Wonogiri – Pada saat ini data memegang peranan penting dalam hal pembangunan. Tanpa ada data yang real dan valid dipercaya pembangunan dari pemerintah tidak akan tepat sasaran. Itulah sepenggal kata sambutan dari Bupati Wonogiri, Joko Sutopo dalam acara Launching #GISA yang bertempat di Balai Desa Pule Kecamatan Wonogiri kemarin, Jum’at (26/10). Pada acara tersebut hadir Anggota komisi 3 DPRD kab. Wonogiri, Pimpinan OPD, camat se-Kecamatan Wonogiri, Forkompimcam Selogiri, dan Kades/Lurah se-Kabupaten Wonogiri.

“Prinsip dari Dispendukcapil adalah bagaimana caranya masyarakat tersebut tidak perlu mengeluarkan banyak waktu, tenaga dan uang hanya untuk mengurus satu dokumen saja. Sehingga kami melakukan tindakan jemput bola sampai ke kecamatan agar masyarakat tidak perlu jauh-jauh untuk mendapatkan satu dokumen.” kata Kepala Dispendukcapil Kabupaten Wonogiri Sungkono. Beliau menambahkan bahwa sesuai UU No 23 Tahun 2006 bahwa data kependudukan dapat dimanfaatkan untuk berbagai hal antara lain : perencanaan pembangunan, alokasi anggaran, pelayanan publik dan masih banyak lagi. Namun hal tersebut dalam tahun-tahun kemarin masih belum bisa dilakukan karena masih kakunya antar OPD hingga antar OPD tersebut memiliki data kependudukan yang berbeda-beda. Oleh karena itu, kemarin juga dilakukan penandatanganan kerjasama atau MoU antara Dispendukcapil, Dinas Sosial dan Dinas Kesehatan dalam hal pemanfaatan data kependudukan.

Penandatanganan Perjanjian Kerjasama anatara Dispenducapil, DFinsos dan Dinkes. photo : ES

#GISA (Gerakan Indonesia Sadar Administrasi) meliputi 4 hal yaitu
1. Sadar Adminstrasi Kependudukan
yang dalam hal ini masih banayk masyarakat di Kabupaten Wonogiri yang masih belum melakukan perekaman data e-KTP, dari target 100% perkaman data KTP-el masih sekitar angka 93% yang sudah melakukan perekaman data KTP-el.
2. Sadar Pemuthakiran Data Kependudukan
tidak berbeda dengan poin nomor satu bahwa tingkat kesadaran masyarakat masih rendah akan hal pemutakhiran data, terbukti dari data warga meninggal yang real adalah sekitar 12.000 jiwa pertahun namun yang masuk dalam data hanya sekitar 4000 jiwa.
3. Sadar Pemanfaatan Data Kependudukan
4. Sadar Melayani Adminduk

Dalam acara Launching #GISA kemarin , Bupati Wonogiri juga menekankan kepada Kades/Lurah se Kabupaten Wonogiri untuk mendorong warganya agar selalu melaporkan peristiwa penting kependudukan sebagai dasar pelayanan publik. Selain itu beliau juga melaunching Cetak KTP-el di Kecamatan dengan menekan tombol pencetakan KTP-el sebagai tanda bahwa mulai saat ini KTP-el dapat dicetak dimasing-masing kecamatan.

1 Comment

Tinggalkan Komentar